Tulisan kali ini adalah posting yang saya tulis ulang dari beberapa sumber yang memiliki kesamaan tema, jadi bukan seluruhnya adalah hasil eksperimen saya. Saya hanya mencoba mencoba petunjuk yang diberikan dan mencoba eksperimen dengan beberapa referensi tersebut.

MLX90614 adalah termometer inframerah yang sangat berguna karena dalam pemakaiannya tidak diperlukan kontak antara sensor dan objek yang akan diukur. Sensor memberikan pembacaan suhu rata-rata dari semua objek yang tercover oleh view dari sensor, sehingga tidak suhu mutlak dari sebuah objek yang diamati. Dengan prinsip ini, maka dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi kehadiran ataupun perubahan suhu objek dalam range jangkaun sensor baik itu gerakan objek ataupun kehadiran suatu objek.

Gambar Wiring

Dengan mengikuti gambar di atas, maka kita dapat dengan mudah membuat sebuah sistem pembaca suhu menggunakan MLX90614 dan board arduino Uno. Jika merasa kesulitan menggunakan rangkaian di atas, dapat juga membeli modul sensor yang sudah jadi tinggal menambahkan jumper kabel dari modul ke board arduino.

Ada dua cara untuk melakukan interfacing/antarmuka dengan sensor ini, yaitu melalui komunikasi PWM atau SMBus (TWI atau I²C). Pada posting ini akan dicoba menggunakan metode SMBus ( I²C) untuk membaca sensor dari arduino. Kelebihan menggunakan metode I²C adalah, kita dapat menghubungkan sampai 127 perangkat sensor pada dua buah pin yang digunakan sehingga akan dapat menggunakan lebih banyak sensor. Keunggulan sensor MLX90614 adalah, kita akan mendapatkan hasil pembacaan yang sangat bagus dengan resolusi pembacaan yang lebih baik.

Dengan menggunakan sensor ini, kita dapat mengukur temperatur dari -95 dan 720ºf (-70 sampai 382,2 ° C) dengan resolusi sampai 17bit. Hal ini artinya, sama dengan 128X lebih cepat dari kemampuan ADC arduino dan dapat memiliki arti dapat membedakan antara 25ºC dan 25.02ºC tanpa melakukan kontak dengan objek. Dengan data sampai 17bit, maka kita akan mendapatkan resolusi sampai 0.0034ºC.

Code

Untuk dapat menggunakan sensor pada Arduino, Anda dapat menggunakan contoh program yang dapat diambil dari sumber ini. Untuk dapat menggunakan code, Anda harus terlebih dahulu memastikan “I2Cmaster” sudah Anda copy ke directory Arduino Library. Jika Anda kesulitan mendapatkan lokasi directory Arduino, Anda dapat melihat berikut, sebagai default:

Default Library Folder Location

On your Mac:: In (home directory)/Documents/Arduino/libraries
On your PC:: My Documents -> Arduino -> libraries
On your Linux box:: (home directory)/sketchbook/libraries

Kesimpulan

Sensor ini adalah sensor yang sangat bagus dan murah sehingga sangat cocok untuk aplikasi yang membutuhkan pengukuran temperatur pada sebuah area tertentu tanpa perlu melakukan kontak dengan objek.

 

Alamat Referensi yang saya gunakan:

http://wiki.wiring.co/wiki/Connecting_Infrared_Thermometer_MLX90614_to_Wiring

http://bildr.org/?s=mlx90614

2873 Total Views 1 Views Today

Comments

comments